Oleh: Luthfan | 25 Februari 2009

Lenovo IdeaPad G430

Banyak orang beranggapan notebook berdesain mewah sudah pasti lebih mahal harganya, alih-alih berharap notebook glossy yang mahal maka mereka terpaksa memilih yang sesuai kantong. Dilema gengsi inilah yang dijawab Lenovo dengan melakukan “upgrade perwajahan” atau face-lift pada seri IdeaPad G mereka. Jika sebelumnya G410 hadir lebih apa adanya maka pada IdeaPad G430 terjadi peremajaan yang cukup segar bagi pengguna. Apa sajakah itu?

Hal pertama yang bisa dilihat dari luar dari IdeaPad G430 adalah cover luar notebook berbahan plastik solid yang mulus dengan finishing glossy yang belakangan sedang trendi itu. Sebagian casing bagian dalam pun memiliki tekstur serupa, termasuk pada touchpad dan tombol aktivasinya. Yang cukup menarik adalah sistem sentuh panel multimedia (untuk speaker dan shortcut terprogram) dengan LED berpendar yang nyaman diakses. Sayang sekali panel ini bukan merupakan kontrol multimedia instan untuk menjadikan notebook sebagai player DVD misalnya.

Kemudahan pengguna untuk mengembalikan kondisi sistem ke keadaan semula (lewat tombol OneKey Rescue System di dekat tombol Power) juga menjadi daya tarik notebook ini. Fasilitas ini menjadi pilihan ideal bagi pengguna awam yang tak mau repot melakukan instalasi manual jika suatu saat notebook mereka terserang virus atau sistemnya terlanjur berantakan. Faktor keamanan notebook juga disediakan lewat fasilitas VeriFace. DI sini, wajah Anda dapat dijadikan password untuk mengaktifkan hak pakai notebook. Hal ini dimungkinkan berkat sistem deteksi struktur wajah yang direkam lewat webcam 1,3 megapixel pada notebook.

Untuk melengkapi penampilan fisiknya, IdeaPad G430 juga mengusung komponen baru meski tidak berspesifikasi tinggi. Ini terlihat pada penggunaan prosesor Intel Dual-Core T3200 2GHz, dan bukan bukan Core 2 Duo yang jamak digunakan. Chipsetnya pun baru, yaitu Intel 45GM dengan grafis terintegrasi Intel paling anyar, yaitu GMA X4500. Kinerja keduanya didukung kapasitas harddisk mencapai 250GB. Sayang beberapa fasilitas sengaja menghilang seperti FireWire dan port keluaran S-video demi memangkas harga jualnya yang memang bersaing (US$ 749).

Dari hasil pengujian, Lenovo IdeaPad G430 menunjukkan performa yang ditujukan untuk aktivitas office dan grafis standar. Tabel hasil uji menunjukkan kinerja Intel T3200 yang nyaris seimbang dengan notebook Advan G2T-75 yang menggunakan Intel Core 2 Duo T5750 2GHz. Yang lebih istimewa adalah grafis onboard Intel X4500 yang menghasilkan kinerja jauh lebih tinggi dibanding Intel X3100. Alhasil, IdeaPad G430 menawarkan perpaduan desain dan harga yang ideal untuk bersaing dengan notebook sekelasnya. (Deny Prasetyo)

Plus : Desain bagus; nyaman digunakan; recovery sistem mudah; verifikasi hak pakai; harga jual bersaing.

Minus: Daya tahan batere rendah; tanpa Bluetooth, FireWire, dan output S-video.

Skor Penilaian

Kinerja : 3,95

Fasilitas : 3,75

Penggunaan : 4,25

Harga : 4,5

Skor Total : 4,06

Hasil Pengujian

Advan G2T-75 jadi model yang tepat untuk diadu dengan IdeaPad G430 karena berspesifikasi cukup mirip meski beda layar. Layar 14,1” pada G430 membuat batere 4.800mAh kurang perkasa, Anda harus mengganti mode kinerja notebook menjadi modus economic agar pemakaian lebih awet. Keunggulan utama G430 muncul pada kinerja grafis X4500 yang 2,5 kali lebih gegas dibandingkan X3100 model sebeluimnya.


Responses

  1. Wah saya belum kuat beli ini hje he he….


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: