Oleh: Luthfan | 25 Desember 2008

Western Digital My Book Mirror Edition

wdSistem sistem penyimpanan data berganda (RAID) yang kita di PC ternyata dipraktekkan pula pada storage jenis eksternal. Inilah RAID gaya portabel yang dihadirkan Western Digital (WD) lewat My Book seri Mirror Edition mereka. Karena dibuat untuk sistem RAID, My Book ini diisi 2 buah harddisk serupa (masing-masing 1TB) yang membuat bobotnya jadi cukup berat (nyaris 2kg). Sebagai harddisknya, WD menggunakan harddisk jenis Caviar GP yang lebih irit listrik dibandingkan harddisk konvensional.

Pada paket standarnya, Mirror Edition muncul dalam format RAID 1 (mirrored) yang akan memunculkan kapasitas 1TB saja, namun bisa juga dibuat dalam setting RAID 0 (striped) berkapasitas 2TB. Sistem RAID seperti ini menyimpan data secara berganda sehingga jika harddisk pertama mengalami masalah maka data tetap aman tersimpan pada harddisk kedua. Untuk mendukung penggunaannya, produsen mengemas aplikasi WD RAID Manager (untuk Windows dan Mac) yang harus di-install.

Sayang koneksi yang digunakan hanya USB 2.0 yang menyebabkan membuat proses burst speed tidak optimal, yang terlihat dari pengujian HD Tach. Menurut kami, akan lebih baik jika WD menyediakan koneksi yang lebih cepat seperti FireWire 800. Namun kinerja pada storage eksternal seperti My Book Mirror memang bukan yang utama, jadi kami lebih suka menilainya berdasarkan fasilitas dan kemudahannya; yang memang memuaskan. Saat aktif, perangkat ini akan menampilkan status yang bisa terbaca pada aplikasi WD Drive Manager yang muncul pada taskbar dimana muncul icon LED dalam warna hijau, kuning, dan merah yang masing-masing menjelaskan kondisi storage saat itu.

My Book versi Mirror menjadi solusi backup yang menjamin keutuhan datanya berkat sistem penyimpanan data berganda. Produk ini jelas sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan penyimpan data eksternal dengan keamanan data ekstra. (Deny Prasetyo)

Hasil Uji HD Tach 3.0.4.0
Random access 16,1ms
CPU utilization 18%
Average read 30,4MB/detik
Burst speed 35,1MB/detik

Plus : Desain menarik; sistem backup RAID; dukungan software; garansi 5 tahun.
Minus: Utilisasi CPU tinggi; hanya tersedia koneksi USB.

specwd

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: