Oleh: Luthfan | 25 Desember 2008

V-Gen SDHC 16GB

075437pTidak ada identitas yang jelas tentang rating/Class dari kartu SDHC (Secure Digital High Capacity) bermerek V-Gen ini. Tidak jelas apakah SDHC ini berkelas 2, 4, atau 6. Di kartu memori biru yang diberi stiker berwarna ungu dan kuning itu khas V-Gen hanya tertera kapasitasnya, yakni 16GB. Lembaran kertas yang melatarbelakangi kemasan plastiknya pun tidak mengungkapkan kelas kartu.

Saat kami kunjungi situs resminya, http://www.v-gen.web.id, keberadaan SDHC berkapasitas 16GB justru belum dicatatkan. Yang ada di sana adalah yang memuat kapasitas 4GB dan 8GB. Karena itu kami asumsikan, detail spesifikasinya sama dengan yang tercantum di sana.

Nah daripada menebak-nebak Class yang merujuk ke kecepatan minimal kartu, segera saja kami benchmark SDHC V-Gen ini dengan bantuan card reader Transcend TS-RDM1 dan software HD Tach 3.0.1.0. Hasilnya mengungkap kecepatan baca 18,3MB/s, kecepatan tulis 11,7MB/s, akses random 1,1ms dan utilisasi CPU 12%. Namun uji manual (lihat tabel), seperti biasa, menunjukkan kecepatan tulis dan baca yang jauh di bawah, dan jika diklasifikasikan berada di antara Class 2 dan Class 4.

Kartu SDHC V-Gen yang berkapasitas kosong 15,2GB ini boleh dibeli jika Anda mementingkan kapasitas untuk kamera digital, camcorder, atau MP3 playar Anda. (Wiwiek Juwono)

Skor Penilaian

Kinerja : 3,6

Fasilitas : 4

Harga : 4,5

Skor Total : 3,99

<maksimum * = 5, makin banyak * semakin baik>

Plus : Kapasitas lega; garansi seumur hidup; harga murah.

Minus: Kinerja lambat.

untitled1

*) File yang diproses adalah 161 file TIF dalam tiga folder dengan ukuran total 1,79GB. Pengujian dilakukan tiga kali pada koneksi USB 2.0 pada notebook NEC Versa E680 (Pentium M 1,5GHz, RAM 256MB, Win XP Pro) dengan bantuan card reader Transcend TS-RDM1, dan hasilnya dirata-ratakan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: