Oleh: Luthfan | 25 Desember 2008

Kingston DataTraveler 400 16GB

154250pJika menilik versi 2GB yang kami uji April lalu—yang pada pengujian manual mencatatkan kecepatan baca/tulis di kisaran 10MB/s—seharusnya Kingston DataTraveler 400 ini istimewa. Apalagi flash disk ini disebutkan mendukung fitur Windows ReadyBoost. Belum lagi kapasitasnya sudah mencapai 16GB.

Saat melihat hasil benchmark dengan Simplisoftware HD Tach 3.0.1.0, kami pun masih optimis. Sebab kecepatan bacanya mencapai 30,7MB/s, dengan kecepatan tulis 14,7MB/s dan utilisasi CPU 4%. Namun akses randomnya sangat tinggi: 94,6ms. Untunglah kemudian dalam uji manual, harapan kami tidak sia-sia: kecepatan tulis maupun bacanya cepat, walaupun terpaut sedikit dengan versi 2GB-nya.

Secara fisik maupun software, tidak ada yang berubah pada DataTraveler 400. Flash disk Kingston ini masih menjunjung tinggi kepraktisan dengan tidak mengemaskan tutup kepala USB. Sementara untuk sinkronisasi file, e-mail dan setting browser Internet biasanya tersedia software MigoSync, dan SecureTraveler untuk melindungi file dengan password. Namun karena yang kami terima adalah versi uji, software belum dibundelkan Kingston.

Kingston DataTraveler 400 yang berkapasitas bebas 15GB ini sesuai bagi mereka yang ingin flash disk yang superlega dan tidak direpotkan oleh urusan tutup kepala USB. Selain kapasitas yang besar, kecepatan tulisnya pun bagus. (Wiwiek Juwono)

Plus : Kapasitas superlega; kinerja cepat; garansi 5 tahun.
Minus: Fisik konvensional; mahal.

Skor Penilaian
Kinerja : 4,4
Fasilitas : 4
Harga : 3
Skor Total : 3,86

untitled

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: