Oleh: Luthfan | 24 Desember 2008

Wireless Router Gigabyte GN-BRO1G

modem routerBentuk yang sederhana, seperti hanya menyertakan satu antena, sudah menjadi petunjuk bahwa router ini, dalam kapasitas sebagai access point memiliki kecepatan transfer data (troughput) sampai dengan 54 Mbps (b/g).

Walaupun bentuknya sederhana, tidak demikian adanya dengan fasilitas yang disediakan Gigabyte GN-BRO1G. Berbagai fitur untuk manajemen routing, konfigurasi sistem, maupun pengamanan disediakan oleh router ini. Mulai dari WDS untuk memfungsikan perangkat ini sebagai bridge (penguat sinyal), MAC address control untuk mendaftar client yang legal dan boleh bergabung dengan access point, serta Static routing table untuk mengedit jalur koneksi jaringan. Disediakan pula fasilitas virtual server dan DMZ (Demilitary Zone) untuk memberikan akses langsung dari internet terhadap salah satu komputer dalam jaringan lokal, DNS configuration, URL blocking untuk melarang akses terhadap alamat-alamat situs web tertentu, sampai dan Remote Access.

Di bagian belakang badan Gigabyte GN-BRO1G terdapat 1 konektor WAN serta 4 konektor LAN. Tentu saja hal ini membuat pengguna leluasa menghubungkannya ke beberapa peranti jaringan lain seperti NAS. Di bagian kanan dan kiri badan router juga terdapat kisi-kisi udara yang efektif mengurangi udara panas dalam badan peranti ini ketika aktif.

Kami menguji kebolehan unjuk kerja troughput Gigabyte GN-BRO1G dengan perangkat lunak Chariot keluaran NetIQ. Hasil terbaik yang didapat, troughput maksimal ada pada angka 21.114 Mbps. Capaian angka troughput itu mendekati angka 27 yang merupakan setengah dari batasan dari standar 802.11 b/g. Mengapa setengahnya? Karena kedua standar ini belum mendukung transfer data dua arah (kirim dan terima) dalam satu waktu. Angka troughput minimal berada pada angka 14,217 Mbps, sedangkan rata-ratanya pada angka 19,492 Mbps.

Kami tidak hanya melihat capaian troughput, tapi juga mencoba melihat kestabilan sinyal transfer data. Dengan melihat bentuk kurva diagram troughput yang ditunjukkan oleh NetIQ Chariot, kami menilai kestabilan sinyal pada access point Gigabyte GN-BRO1G belum maksimal karena masih naik-turun pada interval yang cukup besar.

Dengan lengkapnya fasilitas administrasi sistem, Gigabyte GN-BRO1G sesuai untuk digunakan di jaringan kantor kecil. Kemampuan firewall perangkat ini juga dapat diandalkan, yang terlihat dari hasil pengujian melalui http://www.grc.com. Namun karena cuma mendukung standar g, perangkat seharga US$ 55 ini kurang disarankan untuk jaringan multimedia seperti gaming atau jukebox. (Vincent Bayu Tapa Brata)


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: