Oleh: Luthfan | 24 Desember 2008

Canon Pixma MX850

pixmaMCanon sengaja mendesain multifungsi seri MX untuk kalangan UKM yang membutuhkan pencetak serbabisa. Pixma MX850 hadir dengan fasilitas lengkap, meliputi cetak, copy, dan scan dokumen, serta kemampuan mengirim dan menerima faksimili. Untuk kebutuhan scan yang masif juga tersedia baki ADF terintegrasi dan dukungan penggunaan melalui sistem jaringan LAN.

Desain Pixma MX850 masih mirip MP830 dan juga menggunakan 4 inta dengan tambahan tinta hitam kedua untuk menjadikan cetakan foto lebih tajam dan mempercepat pencetakan di kertas biasa. Susunan tombol kontrol untuk mengaktifkan beragam fiturnya cukup banyak namun mudah dimengerti berkat tambahan LCD warna 2,5”. LCD ini juga berfungsi sebagai preview foto dari kartu memori, yang bisa ditancapkan pada slot card reader yang tersedia (CF, SD/MMC, MS, dan xD). Sebuah port USB sebagai koneksi cetak cepat dari kamera (PictBridge) juga disediakan dan dapat dialihfungsikan untuk koneksi Bluetooth (opsional).

Selain pencetakan normal sampai cetak foto A4 tanpa tepi (borderless), MX850 juga menyiapkan slot khusus untuk pencetakan pada keping CD/DVD. Juga ada fasilitas menarik berupa kemampuan scan duplex (bolak-balik). Yang terkahir ini belum dapat dilakukan oleh seri MP terdahulu (MP610 dan MP970).

Untuk cetakan duplex tetap tersedia secara default meski kami hitung kecepatan cetak modus ini sedikit lamban akibat masa tunggu antarcetak tiap halaman. Untuk cetakan normal kami cukup senang melihat kemampuannya yang mencapai 5 halaman dokumen per 44 detik dan sekitar 2 menit untuk 5 halaman grafis. Khusus untuk cetakan foto postcard 4R (4×6”), MX850 juga termasuk cepat dengan catatan waktu 56 detik saja meski klaim Canon lebih cepat dari capaian ini.

Hasil cetak MX850 agak lucu. Pencetakan satu sisi memang terlihat tajam namun jika dalam modus duplex hasil cetak teks akan memunculkan warna hitam yang kurang tajam dan sedikit bergerigi. Kami duga hal ini karena pada cetakan satu sisi digunakan tinta berpigmen sedangkan dengan 2 sisi (duplex) digunakan tinta hitam biasa (dye). Untuk hasil cetak grafis/foto hasilnya tetap memuaskan berkat butiran tinta berukuran 1 picoliter yang membuat image tercipta halus.

pixma


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: